Jonatan Christie Kini Melejit ke Peringkat Tiga Dunia Pasca Juara Asia 2024

banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – Jonatan Christie, pebulutangkis tunggal putra Indonesia, meraih peringkat ketiga dunia menurut BWF setelah kemenangan gemilang di Kejuaraan Asia 2024. Prestasi ini menandai era baru bagi bulutangkis Indonesia di panggung internasional.

Dunia bulutangkis kembali disorot dengan prestasi membanggakan dari pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Menurut pengumuman terbaru dari Badminton World Federation (BWF) pada 16 April 2024, Jonatan Christie kini menduduki peringkat ketiga dunia.

Kenaikan peringkat ini merupakan hasil gemilang Jonatan di Kejuaraan Bulutangkis Asia 2024, di mana ia berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan Li Shi Feng dari China dengan skor 21-15, 21-16. Kemenangan ini membawa Jonatan naik dua tingkat dari posisi sebelumnya, yang semula berada di peringkat kelima.

Sementara itu, Li Shi Feng naik satu tingkat dan kini berada di peringkat keenam dunia. Di sisi lain, rekan senegara Jonatan, Anthony Sinisuka Ginting, mengalami penurunan empat tingkat setelah gagal mempertahankan gelarnya dan kini berada di peringkat ketujuh.

Perubahan peringkat juga terjadi pada atlet lain seperti Kodai Naraoka dari Jepang dan Lee Zii Jia dari Malaysia, yang keduanya naik satu tingkat, menempati peringkat kelima dan kesepuluh, berturut-turut. Di sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung dari Indonesia turun satu tingkat ke peringkat sembilan.

Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, mengalami penurunan satu tingkat ke peringkat kesembilan setelah gagal lolos ke Olimpiade karena tersingkir di babak pertama Kejuaraan Asia. Adapun ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tidak mengalami perubahan posisi meskipun mereka mundur dari Kejuaraan Asia.

Dari sektor ganda campuran, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari naik satu tingkat ke posisi 15, sementara Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati turun dua dan satu tingkat, masing-masing berada di ranking 19 dan 21 dunia.

Kenaikan peringkat Jonatan Christie ini menandai era baru bagi bulutangkis Indonesia dan menambah daftar prestasi atlet-atlet nasional di kancah internasional. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *