TPNPB-OPM Siap Bebaskan Pilot Susi Air

Nasional, Politik55 Views
banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – TPNPB melepaskan pilot Susi Air Philip Mehrtens setelah satu tahun penyanderaan menurut pernyataan resmi pada 7 Februari kemarin.

Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) memutuskan untuk melepaskan pilot Susi Air asal Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens, yang telah disandera selama setahun. Dalam pernyataan resmi pada Rabu (7/2/2024), TPNPB menyatakan bahwa mereka akan mengembalikan pilot Philip Mark Mehrtens kepada keluarganya melalui yurisdiksi Sekretaris Jenderal PBB, dengan alasan melindungi kemanusiaan dan hak asasi manusia.

Mehrtens ditahan oleh TPNPB pada 7 Februari 2023, di bawah komando Panglima Daerah Brigadir Jendral Egianus Kogeya. Kelompok ini bertanggung jawab atas penyerangan Lapangan Udara Paro di Nduga pada tanggal yang sama, yang menyebabkan kerusakan pada pesawat sipil Susi Air yang diawaki oleh Kapten Philip. Operasi militer sempat dikerahkan untuk membebaskan Mehrtens oleh oleh TNI-Polri, namun berujung pada gugurnya beberapa personel militer dan kepolisian.

TPNPB mengklaim bahwa penyanderaan dilakukan sesuai standar hukum perang karena pesawatnya mendarat di wilayah perang. Mereka kritik Pemerintah Indonesia dan Selandia Baru atas kegagalan negosiasi damai dalam setahun. Mereka juga mengekspresikan kekecewaan terhadap negara-negara Melanesia, seperti MSG dan PIF, yang dianggap gagal memberikan perhatian terhadap krisis kemanusiaan di Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan bahwa Mehrtens masih berada di wilayah Kabupaten Nduga, dan upaya pembebasan terus dilakukan dengan fokus pada negosiasi untuk menghindari korban, terutama dari warga sipil. Pihak berwenang juga memberikan kesempatan bagi tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk membantu mendekati kelompok yang memegang sandera dengan harapan pembebasan dapat terwujud dalam kondisi sehat. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *