China Membuka Rencana Ekspansi Sektor Kendaraan Listrik

banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) China merencanakan ekspansi di sektor kendaraan listrik global untuk melindungi posisinya sebagai eksportir mobil terbesar, mengatasi hambatan perdagangan, dan memacu pertumbuhan ekonomi melalui kerjasama internasional dan standar global.

China berencana untuk memperluas peran dalam pengembangan kendaraan listrik (EV) global untuk melindungi diri dari potensi pembatasan perdagangan, mempertahankan status sebagai eksportir mobil terbesar di dunia, dan menjadikan sektor tersebut sebagai penggerak pertumbuhan berkelanjutan.

Rencana tersebut mencakup peningkatan kerjasama internasional, peningkatan pengaruh dalam penetapan standar, dan langkah-langkah untuk membantu produsen dalam negeri mengatasi hambatan ekspor yang mungkin muncul.

Dalam dokumen yang diterbitkan oleh sembilan lembaga negara, termasuk Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional serta Kementerian Perdagangan, disebutkan 18 poin strategis. China berharap industri EV yang dinamis dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, meskipun sektor tersebut menghadapi masalah kapasitas berlebihan dan persaingan domestik yang ketat.

Beijing berusaha untuk menjaga keunggulan ekspor EV-nya melalui kerjasama internasional, pemenuhan standar, dan langkah-langkah protektif. Dokumen tersebut mendorong pendirian pusat riset dan pengembangan di luar negeri, serta kerjasama strategis dengan lembaga riset dan klaster industri asing. Hal ini sebagai respons terhadap penyelidikan Uni Eropa terhadap subsidi harga EV China dan pernyataan Menteri Perdagangan AS yang menganggap EV China sebagai risiko keamanan informasi.

China, yang telah melampaui Jepang sebagai eksportir mobil terbesar, berusaha untuk melindungi posisi dominannya dan terus menggerakkan pertumbuhan sektor EV melalui langkah-langkah proaktif, termasuk promosi standar internasional dan pemantauan akses pasar luar negeri.

Pemerintah China berharap agar industri EV tetap menjadi sorotan terang dalam pemulihan ekonomi yang tidak stabil, dan mereka berkomitmen untuk menggunakan platform dan mekanisme resolusi Organisasi Perdagangan Dunia guna menciptakan lingkungan yang transparan dan dapat diprediksi serta melindungi rantai pasok global EV. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *