Protes Pro-Palestina Meluas di Universitas Amerika, Ratusan Pengunjuk Rasa Ditangkap

banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – Polisi telah menangkap ratusan pengunjuk rasa pada beberapa lokasi di kampus-kampus Universitas Amerika di tengah meluasnya proses unjuk rasa terhadap konflik perang Israel-Hamas Gaza yang terjadi di Palestina.

Protes mahasiswa atas konflik perang Israel-Hamas Gaza muncul semakin banyak di beberapa kampus, setelah terjadi penangkapan lebih dari 100 pengunjuk rasa di Universitas Columbia minggu lalu.

Beberapa Universitas telah menyaksikan semakin banyak mahasiswa yang keluar dari kelas atau mencoba mendirikan perkemahan sebagai bentuk protes yang dipicu oleh kampanye militer Israel di Gaza.


AFP

Universitas California Selatan
Pihak kepolisian Los Angeles mengatakan terdapat lebih dari 90 orang ditangkap pada Rabu malam saat terjadi protes di Universitas California Selatan akibat dugaan masuk tanpa izin. Tidak ada laporan korban luka.

Politeknik Negeri California
Kampus ditutup selama akhir pekan karena pengunjuk rasa terus menguasai dua gedung. Kegiatan belajar mengajar akan dilakukan secara daring. Selain Mahasiswa diketahui ada non-Mahasiswa yang juga ikut dalam unjuk rasa.

Texas Tribute

Universitas Texas (Austin)
Pihak kepolisian secara paksa menangkap lebih dari 30 orang mahasiswa pengunjuk rasa dan seorang fotografer berita lokal di Universitas Texas Austin pada hari Rabu setelah penjabat Universitas dan Gubernur menelpon pihak berwenang.

Universitas Negeri Ohio
Dua mahasiswa Pro-Palestina yang turut berpartisipasi dalam protes di kampus ditangkap pada hari Selasa dan dijatuhi tindak pidana, setelah diberikan “peringatan berulang kali untuk diam” kata juru bicara Universitas Ben Johnson.

Boston Globe

Universitas Emerson (Boston)
Pihak kepolisian Boston mengatakan pada hari Kamis lalu bahwa 108 orang pada protes kampus perkemahan. Polisi juga menambahkan bahwa terdapat 4 petugas mereka menderita luka akibat melawan pengunjuk rasa.

Universitas Harvard
Dalam upaya untuk mengantisipasi aksi protes, Universitas Harvard mengunci sebagian besar gerbang menuju halamannya menjelang perkuliahan pada hari Senin dan membatasi akses. Pihak Universitas juga memberikan peringatan untuk tidak mendirikan tenda atau meja di kampus tanpa izin. Namun tetap terdapat pendirian 14 tenda pada hari Rabu.

Selain beberapa Universitas diatas, kegiatan unjuk rasa juga terjadi di beberapa Universitas seperti Universitas Yale, MIT, Universitas Brown, Universitas Stanford dan Universitas John Hopkins. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *