PNS Pindah ke IKN Usai HUT RI Tahun Ini

Nasional, Politik17 Views
banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – PNS atau ASN Indonesia akan segera dipindahkan ke kawasan Indonesia Knowledge City (IKN) Nusantara setelah perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada bulan Agustus tahun ini. . Rencana pemindahan sebelumnya direncanakan mulai Maret 2024, namun terpaksa ditunda hingga bulan Juli karena berbagai kendala.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, telah mengumumkan bahwa pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) akan segera pindah ke kawasan Indonesia Knowledge City (IKN) Nusantara setelah perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada bulan Agustus tahun ini. Rencana ini menegaskan komitmen pemerintah dalam mempercepat proses pemindahan ASN ke IKN Nusantara.

Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pelaksanaan Upacara Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 akan diadakan di IKN, dan setelah itu, ASN akan mulai pindah ke kawasan tersebut. Hal ini dilakukan karena bangunan dan hunian di IKN akan terlebih dahulu digunakan oleh petugas yang terlibat dalam perayaan tersebut.

Rencana pemindahan PNS ke IKN sebelumnya dijadwalkan mulai Maret 2024, namun terpaksa ditunda hingga bulan Juli karena berbagai kendala, terutama terkait ketersediaan tempat tinggal. Namun, rencana tersebut kembali mengalami penundaan.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Azwar Anas, penundaan tersebut terjadi karena adanya persoalan terkait ketersediaan tempat tinggal yang memadai. Dia menjelaskan bahwa apartemen di IKN akan digunakan untuk persiapan upacara peringatan 17 Agustus sehingga belum dapat digunakan sebagai tempat tinggal bagi para abdi negara.

Selain itu, ketersediaan tempat tinggal di IKN juga belum sesuai dengan rencana awal. Pemerintah sebelumnya berencana memindahkan sekitar 9 ribu ASN dalam gelombang pertama pemindahan ke IKN. Namun, hanya sekitar enam ribu ASN yang dapat dipindahkan pada gelombang pertama ini karena keterbatasan fasilitas yang masih dalam tahap pembangunan.

Meskipun terjadi penundaan dalam pemindahan PNS ke IKN, pemerintah terus melakukan koordinasi dan upaya untuk mempercepat proses tersebut. Rencana ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengoptimalkan penggunaan IKN Nusantara sebagai pusat inovasi dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan pemindahan ASN ke IKN dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik di masa depan. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *