Peran Jokowi Juga Susun Kabinet Prabowo-Gibran

Nasional, Politik40 Views
banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut dilibatkan dalam penyusunan kabinet pemerintahan pasangan capres-cawapres pemenang Pemilu 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Jokowi pun dinilai memiliki pengaruh dan peran besar untuk penyusunan kabinet Prabowo-GIbran. Meski demikian, Jokowi disebut tidak akan menitipkan sosok-sosok tertentu untuk mendapat jatah kursi menteri di pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan. Dilibatkan, tetapi cuma dimintai masukan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman memastikan Jokowi menjadi salah satu orang yang paling banyak dimintai pendapat oleh Prabowo dan Gibran mengenai nama-nama menteri yang akan ditunjuk.

Sebab, kata Habiburokhman, dalam banyak kesempatan acara internal, Prabowo berulang-ulang menyampaikan bahwa Jokowi adalah mentornya. “Secara prinsip memang Pak Jokowi dipastikan menjadi salah satu orang yang paling banyak dimintai pendapat oleh Pak Prabowo, saya yakin,” ujar Habiburokhman saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta seperti dilansir dari laman kompas com, Selasa (26/3/2024).

“Pak Prabowo kan mengatakan Pak Jokowi itu mentor beliau, di acara-acara internal Pak Prabowo berulang kali menyampaikan kepada kami bahwa beliau belajar banyak dari Pak Jokowi,” sambungnya. Habiburokhman membantah jika Jokowi disebut cawe-cawe terkait kabinet Prabowo.

Dia mengaku tidak tahu apakah Jokowi juga akan mengusulkan nama tertentu menjadi menteri atau tidak. “Saya enggak tahu ya apakah sampai nama, apakah sosoknya seperti apa ya. Bisa saja memberi nama, orang saya saja boleh mengusulkan kan,” tutur Habiburokhman. Habiburokhman menjelaskan, Prabowo melihat Jokowi sebagai sosok yang luar biasa.

Sebab, kata dia, Jokowi bisa memimpin rapat secara efektif, bekerja keras seharian tanpa lelah, dan bersafari ke berbagai wilayah di Indonesia. Dia menegaskan Prabowo banyak belajar dari Jokowi, termasuk bagaimana membuat keputusan yang tepat. “Jadi Pak Prabowo kan melanjutkan capaian dan legacy-nya Pak Jokowi. Ke mana kalau ingin melanjutkan capaian Pak Jokowi? Ya ke Pak Jokowi lah nanyanya, ya enggak?” imbuhnya. Lebih jauh Habiburokhman mengatakan, Prabowo sudah sering bertemu dengan ketua umum (ketum) parpol pendukungnya untuk membahas susunan kabinet pemerintahan ke depan. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *