Para Pelaku UMKM dan Pengguna Berhasil Ciptakan Peluang Baru untuk berkembang dan Gapai mimpinya Bersama Shopee di Tahun 2023

banner 468x60

Para Pelaku UMKM dan Pengguna Berhasil Ciptakan Peluang Baru untuk berkembang dan Gapai mimpinya Bersama Shopee di Tahun 2023

Jakarta (Baliwananews.com) – Di sepanjang tahun 2023, Shopee terus menjadi teman di setiap perjalanan UMKM lokal dalam menciptakan peluang agar bisa berdaya saing global. Di sisi lain, berbagai inovasi terus dihadirkan untuk memberikan pengalaman belanja yang nyaman dan aman bagi para pengguna. Berbagai inisiatif bersama pemerintah dalam menciptakan kerja sama strategis juga tercipta, guna mendukung perkembangan UMKM dan masyarakat Indonesia melalui ekosistem digital.

Melangkah Menembus Pasar Dunia

Kinerja perekonomian nasional melalui ekspor meningkat sebesar 6,7% per bulan Oktober 2023, dimana produk lokal turut memberikan kontribusi yang besar di dalamnya. Shopee, melalui Program Ekspor Shopee turut memberikan dampak positif terhadap akselerasi UMKM lokal dalam menjangkau pasar internasional.

Melalui program ini, Shopee telah membuka jalan bagi lebih dari 26 juta produk lokal untuk bisa diekspor ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin. Ini menjadi bukti bahwa produk lokal telah berkembang dan berdaya saing secara global melalui ekosistem digital Shopee.

Kampanye tanggal kembar 10.10 Brands Festival dan 11.11 Big Sale juga menjadi lokomotif pendorong transaksi ekspor para UMKM lokal dengan peningkatan sebesar 4x lipat di kedua kampanye besar ini. Produk UMKM Fashion dan Home Living juga menjadi produk UMKM terbanyak yang dibeli pembeli Shopee di luar negeri selama 2023.

Melangkah untuk Berkembang

Untuk terus meningkatkan eksposur produk lokal dan pelaku UMKM, hadir laman spesial Shopee Pilih Lokal sejak Agustus 2022 sebagai wadah untuk mengembangkan bisnis usahawan lokal melalui ekosistem digital. Di sepanjang tahun 2023, Shopee Pilih Lokal dikunjungi oleh lebih dari 25 juta pengguna.

Tidak hanya itu, perjalanan UMKM lokal dalam mengembangkan bisnisnya juga ditemani oleh berbagai kampanye pendukung, seperti kampanye 9.9 Super Shopping Day yang telah meningkatkan penjualan produk UMKM hingga 30x lipat dan juga kampanye 12.12 Birthday Sale yang telah mendukung peningkatan transaksi brand lokal dan UMKM sebesar 49x lipat.

Melangkah dengan #XtraAman

Transaksi online juga harus aman. 8 dari 10 Penjual juga percaya bahwa Shopee menjadi platform teraman untuk berbisnis di sepanjang tahun 2023 ini.

Hal ini didukung oleh peluncuran fitur Cek Fakta yang dapat membantu pengguna melakukan pengecekan terhadap kebenaran informasi yang mereka terima terkait Shopee. Fitur ini telah membantu lebih dari 100.000 pengguna untuk terhindar dari modus penipuan.

#TerbaikdiShopee2023

Bukan hanya membantu UMKM maju, tapi Shopee juga telah menjadi bagian dalam keseharian masyarakat. Berikut beberapa fakta menarik di Shopee sepanjang tahun 2023:

Produk paling laris di 2023 adalah Aksesoris HP, Kaos Pria dan Kemeja Wanita, serta Moisturizer.

Game yang sempat viral selama beberapa bulan, Shopee Cocoki telah dimainkan oleh 5 juta pemain di tahun 2023.

Seafood jadi menu terlaris di ShopeeFood dengan total berat seafood yang terjual sama dengan berat 20 pesawat!

Al-quran dan penunjuk arah kiblat di laman Shopee Barokah telah diakses oleh 2,5 juta orang setiap harinya.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja menyampaikan, “Kami sangat senang dapat terus menjadi bagian dalam setiap perjalanan para pelaku UMKM dan pengguna kami untuk menciptakan peluang dan menggapai impian mereka di sepanjang tahun 2023. Ke depannya, Shopee berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mengembangkan layanan kami agar dapat terus memberikan yang terbaik bagi para pengguna melalui ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, sesuai dengan misi #ShopeeAdaUntukUMKM.” (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *