Mahfud MD Pamit Undur Diri sebagai Menteri Polhukam

Jokowi Tunjuk Tito Karnavian

Nasional, Politik35 Views
banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – Mahfud MD, calon wakil presiden nomor urut tiga, resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Alasan pengunduran dirinya terkait partisipasinya dalam kontestasi politik. Siapa penggantinya? Masih misteri..

Calon wakil presiden nomor urut tiga, Mahfud MD, telah mengumumkan pengunduran dirinya dari kabinet Presiden Joko Widodo. Pada hari yang sama, seorang pejabat senior Kantor Staf Presiden juga mengundurkan diri, memicu spekulasi tentang ‘ketidaknyamanan’ di Istana menjelang Pilpres 2024.

Ada apa nih kok tiba-tiba?
Mahfud MD telah menemui Presiden Jokowi pada Kamis (01/02) untuk membahas pengunduran dirinya sebagai menteri. Ia juga mengaku telah menyerahkan surat pengunduran dirinya, menyatakan niatnya untuk terlibat dalam kontestasi politik dan melanjutkan estafet kepemimpinan nasional.

Pada hari yang sama, Deputi V Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jaleswari Pramodhawardani, mengundurkan diri dari jabatannya dengan alasan menghindari menjadi beban politik bagi Presiden dan lembaga kepresidenan. Jaleswari diketahui terlibat dalam tim pemenangan Ganjar-Mahfud.

Apa efek dari pengunduran diri Mahfud MD dan bagaimana situasi saat ini?
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto berharap sikap Mahfud MD diikuti oleh capres nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan…

Presiden Joko Widodo menyebut kabinetnya tetap solid dan menghargai keputusan pengunduran diri dari stafnya. Hal yang sama diucapkan oleh pengamat politik dari Universitas Nasional, Lely Arrianie,
“Nggak ada efek apa-apa, kelihatannya Pak Jokowi pemerintahannya tetap berjalan”.

Juga dikatakan oleh Sandiaga Uno yang memantau bahwa kabinet situasinya masih kondusif dan tetap bekerja walaupun banyak gonjang-ganjing.

Lalu… siapa pengganti Mahfud MD?
Presiden Jokowi menunjuk Mendagri Tito Karnavian sebagai penggantinya. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *