Buntut Peristiwa Rudal Nyasar Israel vs Iran

banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel sebagai pembalasan atas menyasarnya rudal ke Konsulat Iran di Damaskus. Israel, dibantu oleh AS, berhasil menangkal 99% dari serangan tersebut. Konflik ini dapat berdampak negatif bagi Indonesia.

Pada Sabtu (13/4), Iran meluncurkan ratusan drone hingga rudal untuk menyerang Israel sebagai aksi balas dendam akibat menyasarnya pesawat tempur Israel ke gedung Konsulat Iran yang berada di Distrik Mezzeh Barat, Damaskus, dari arah Dataran Tinggi Golan mengakibatkan tewasnya seorang jenderal penting di Garda Revolusi Iran (IRGC) Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan beberapa perwira lainnya.

Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel. Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan bahwa sebagian drone dan rudal tersebut ditembakkan dari sejumlah negara seperti Irak dan Yaman. Israel dibantu oleh AS berhasil menghancurkan 99% drone dan rudal yang ditembakkan Iran sehingga serangan tersebut gagal. Kepala Staf Angkatan Bersenjata, Mayor Jenderal Mohammad Bagheri, mengatakan bahwa Iran akan menyerang lebih besar lagi apabila Israel membalas serangan ini. Ancaman ini dilayangkan juga untuk AS apabila AS turut andil membalas serangan ini. Iran mengancam akan

Serangan ini membuat Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan darurat pada Minggu (14/4) di New York. Langkah ini menyusul permohonan dari duta besar Israel, Gilad Erdan, yang menyebut bahwa serangan ini sebagai “pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan Israel”.

Lalu apa dampaknya bagi Indonesia apabila konflik ini kian memanas dan menjadi perang? Ada beberapa dampak negatif yang akan terjadi, salah satunya yaitu harga minyak melambung karena terganggunya produksi dan distribusi. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *