Unjuk Rasa Pemakzulan Jokowi Berakhir Ricuh

Nasional35 Views
banner 468x60

Jakarta (Baliwansnews.com) – aksi unjuk rasa menuntut pemakzulan Presiden Jokowi dan menolak pelaksanaan Pemilu curang diadakan dari Senin (18/3/2024) sampai Rabu (20/3//2024). Sayangnya pada Selasa (19/3/2024) berakhir ricuh.

Terjadi aksi unjuk rasa yang dilakukan kelompok massa yang mengatasnamakan dirinya sebagai Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) dan Koalisi Nasional Penyelamat Demokrasi (KNPD) pada Senin (18/3/2024). Demo ini akan dilakukan sampai Rabu (20/3/2024). Agenda pada demo kali ini adalah tuntutan mengenai pemakzulan Presiden RI Joko Widowo dan menolak pelaksanaan Pemilu yang dianggap curang. Sebanyak 3.355 personel gabung diterjukan oleh Polres Metro Jakarta Pusat untuk mengawal aksi demo ini.

Pada Selasa (19/3/2024) malam, massa yang berunjuk rasa di depan gedung DPR RI mulai melakukan kericuhan dengan menarik paksa pagar dengan tali tambang sampai membakar spanduk dan baliho bergambar Presiden Jokowi hingga Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman di depan barikade beton yang menghalau akses pagar secara langsung.

Massa juga tetap bertahan di tempat aksi sampai malam walaupun sudah diminta aparat untuk membubarkan diri. Hal ini kemudian memicu terjadinya bentrokan antara massa dan aparat kepolisian. Massa akhirnya berhasil dipukul mundur sampai ke arah Flyover Senayan. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *