Survei Terbaru Pemilu 2024, Mungkinkah Pilpres Jadi Dua Putaran?

Nasional, Politik133 Views
banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) -menurut beberapa hasil survei pasangan Prabowo-Gibran masih unggul hingga 40 persen di urutan pertama, disusul Anies-Muhaimin dan kemudian Ganjar-Mahfud, kemungkina pilpres kali ini akan diadakan dua putaran jika tidak ada pasangan calon yang memperoleh lebih dari 50% suara pada putaran pertama.

Pemilihan presiden (pilpres) 2024 di Indonesia akan segera digelar dalam waktu kurang dari sebulan lagi. Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bersaing untuk merebut hati rakyat Indonesia.

Sejumlah lembaga survei telah merilis hasil survei terbaru mereka tentang elektabilitas ketiga pasangan calon. berikut ini adalah beberapa hasil survei terbaru yang dapat menunjukkan peta kekuatan masing-masing pasangan calon:
Survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang dilakukan pada periode 1-7 Januari 2024 menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran teratas dengan perolehan 42,3%, diikuti oleh Anies-Muhaimin dengan 34,5%, dan Ganjar-Mahfud dengan 21,5%

Survei Politika Research and Consulting (PRC) yang dilakukan pada periode 20-27 Desember 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran menjadi yang tertinggi dengan 42,4%, diikuti oleh Anies-Muhaimin dengan 28,0%, dan Ganjar-Mahfud dengan 21,8 persen.
Survei LSI yang dilakukan pada periode 3-5 Desember 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran di posisi teratas dengan 45,6%, diikuti oleh Ganjar-Mahfud dengan 23,8%, dan Anies-Muhaimin dengan 22,3%.

Pilpres 2024 yang akan diselenggarakan pada Rabu, 14 Februari 2024 kemungkinan akan diadakan dua putaran, jika tidak ada pasangan calon yang memperoleh lebih dari 50% suara pada putaran pertama. Jika demikian, maka putaran kedua akan dilaksanakan pada Sabtu, 26 Juni 2024, antara dua pasangan calon dengan suara terbanyak pada putaran pertama.

Dari hasil survei di atas, dapat dilihat bahwa Prabowo-Gibran masih unggul dalam elektabilitas dibandingkan dengan dua pasangan calon lainnya. Namun, selisih suara antara Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin tidak terlalu besar, sehingga masih ada kemungkinan perubahan pada putaran kedua jika terjadi. Sementara itu, Ganjar-Mahfud berada di posisi ketiga, tetapi masih memiliki peluang untuk mengejar ketertinggalan jika mampu memenangkan hati pemilih yang belum menentukan pilihan.

Selain itu, debat capres cawapres pemilu 2024 yang keempat akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024. Debat ini akan menghadirkan tiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Tema yang diangkat adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Debat ini diharapkan dapat menggali gagasan dan solusi para cawapres terkait isu-isu penting yang berkaitan dengan keberlanjutan, kesejahteraan, dan keadilan. Debat ini juga menjadi ajang untuk menarik simpati pemilih, mengingat pemilu 2024 semakin dekat. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *