Samsung Ungkap Chip 3nm Mobile Pertama Gunakan Desain Bantuan AI

Gaya Hidup10 Views
banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com)Samsung memperkenalkan chip smartphone pertama mereka yang didesain menggunakan kecerdasan buatan (AI). Chip ini akan menggunakan fabrikasi 3nm yang mungkin saja akan dibawa oleh smartphone flagship Samsung di masa mendatang.

Samsung telah membuat lompatan signifikan dalam teknologi prosesor seluler dengan mengumumkan chip 3nm pertamanya. Pencapaian ini patut dicatat karena proses desainnya sangat memanfaatkan bantuan kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh Synopsys. Hal ini menandai langkah yang besar dalam pemanfaatan AI untuk menyederhanakan pengembangan chip dan berpotensi merevolusi masa depan kekuatan pemrosesan seluler.

Prosesor baru ini menandakan terobosan ganda bagi Samsung. Pertama, ini adalah system-on-chip (SoC) seluler perdana mereka yang dibangun menggunakan teknologi proses 3nm yang mutakhir. Teknologi ini menggunakan transistor efek medan gate-all-around (GAAFET), yang menawarkan peningkatan kinerja dan efisiensi yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya.

Namun, aspek yang paling inovatif terletak pada proses desain itu sendiri. Samsung berkolaborasi dengan Synopsys untuk memanfaatkan alat Electronic Design Automation (EDA) bertenaga AI, yang dikenal sebagai Synopsys.ai. Alat-alat ini menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk mengotomatiskan berbagai tahapan desain chip, yang mencakup perencanaan arsitektur, implementasi fisik, dan verifikasi. Secara tradisional, tugas-tugas yang memakan waktu ini akan ditangani sepenuhnya oleh insinyur manusia.

Synopsys.ai bertindak sebagai rangkaian desain AI yang komprehensif. Ini membuat AI mampu menangani tugas-tugas tertentu seperti desain chip, verifikasi fungsional, dan pengujian silikon. Para ahli ini menganalisis kumpulan data yang sangat besar menggunakan model pembelajaran mendalam. Hal ini memungkinkan mereka mengotomatiskan langkah-langkah desain yang rumit dan secara signifikan mengurangi waktu pengembangan.

Untuk prosesor 3nm baru Samsung, AI memainkan peran penting dalam mengoptimalkan tata letak chip. Perangkat lunak Fusion Compiler Synopsys menyederhanakan proses ini, berpotensi menghemat waktu kerja manual tim Samsung selama berminggu-minggu. Hasilnya terbukti: SoC rancangan AI menawarkan peningkatan frekuensi CPU sebesar 300MHz dan pengurangan konsumsi daya sebesar 10% – suatu pencapaian yang mengesankan mengingat kompleksitas teknologi 3nm.

Perkembangan ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi perusahaan dan industri semikonduktor secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan potensi AI untuk mempercepat proses desain chip yang kompleks, khususnya untuk teknologi mutakhir seperti fabrikasi GAAFET 3nm. Meskipun rincian mengenai teknologi spesifik 3nm yang digunakan masih dirahasiakan, spekulasi menunjukkan bahwa itu mungkin merupakan node SF3 generasi kedua.

Keberhasilan kolaborasi antara Samsung dan Synopsys membuka jalan bagi masa depan di mana AI memainkan peran penting dalam merancang prosesor seluler yang lebih bertenaga dan efisien. Kemajuan ini menjanjikan akan merevolusi kinerja ponsel cerdas dan pengalaman pengguna di tahun-tahun mendatang.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *