Saat Shin Tae-yong Mau Belajar agar Lancar Bahasa Indonesia

banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – Juru racik timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), mempunyai keinginan untuk belajar bahasa Indonesia. Shin Tae-yong sudah menjadi arsitek timnas Indonesia selama 4,5 tahun. Akan tetapi, pelatih asal Korea Selatan itu belum lancar berbahasa Indonesia. Shin Tae-yong hanya sedikit-sedikit bisa mengucapkan kata-kata berbahasa Indonesia seperti, “Selamat pagi, selamat siang, terima kasih.” Kini, STY mengakui bahwa dirinya mempunyai keinginan besar untuk bisa berbahasa Indonesia dengan lancar. “Mohon maaf saya tidak bisa lancar berbahasa Indonesia,” kata Shin Tae-yong saat menjadi pembicara dalam acara Hyundai Motors Indonesia di kawasan Jakarta pada Selasa (14/5/2024).

“Namun, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk belajar bahasa Indonesia karena ke depannya saya akan berada di Indonesia,” ucapnya. Keinginan STY belajar bahasa Indonesia tak lepas setelah dirinya secara verbal menyepakati perpanjangan kontrak dengan PSSI sebagai pelatih timnas Indonesia sampai tahun 2027. Pelatih berumur 53 tahun itu mendapatkan proposal baru setelah mampu memenuhi dua target yang dibebankan PSSI.

Bahkan, Shin Tae-yong mengantarkan timnas U23 Indonesia lebih jauh ke semifinal Piala Asia U23 2024. Kini, STY menjelaskan dirinya dalam waktu dekat bakal bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, untuk membahas kontrak baru. “Ini memang belum ditandatangani, tetapi sudah ada pembicaraan dengan Erick Thohir akan bersama sampai tahun 2027,” ucap STY. “Sebab, Pak Erick banyak kesibukan, jadi belum ada kepastian tanggal berapa. Kemungkinan besar minggu depan akan bertemu,” kata dia.

Lebih lanjut, eks pemain timnas Korea Selatan itu mengaku tak takut dengan target yang dibebankan PSSI dalam kesepakatan baru nanti. “Untuk target, saya tak kaget. Saya bekerja dan berjuang untuk mengembangkan sepak bola Indonesia,” ucap STY. “Jadi, kalau memenuhi syarat itu, otomatis target akan ikut dan ini sudah ada pembicaraan antara saya dan Pak Erick,” kata dia.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *