KPU Kota Denpasar Siap Rekrut Penyelenggara Ad Hoc Pilkada 2024

Nasional, Politik18 Views
banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar mengumumkan rekrutmen Penyelenggara Ad Hoc yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas sebagai Penyelenggara Pilkada Serentak 27 November 2024 dengan masa kerja selama delapan bulan dimulai sejak bulan Mei 2024.

Ketua KPU Kota Denpasar berharap masyarakat terutama kelompok milenial antusias untuk terlibat langsung sekaligus mengukir sejarah sebagai Penyelenggara Pilkada Serentak pertama di Indonesia.

Anggota PPK yang direkrut di tiap kecamatan berjumlah lima orang atau total 20 orang se Kota Denpasar. Sementara Anggota PPS yang direkrut berjumlah tiga orang per desa/kelurahan atau total 129 orang.

Selain menyelenggarakan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar, PPK PPS juga melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali.

Pendaftaraan Calon Anggota PPK dimulai 23 April 2024 dan untuk Calon Anggota PPS mulai 2 Mei 2024.

Rekrutmen dan seleksi Penyelenggara Ad hoc dilakukan secara terbuka. Pendaftaran dilakukan melalui sistem informasi anggota KPU dan badan ad hoc atau Siakba yang dapat diakses melalui www.siakba.kpu.go.id.

Persyaratan bagi calon Penyelenggara Ad hoc, antara lain memiliki integritas yang baik, etos kerja yang tinggi, sehat jasmani dan rohani, tidak tercatat sebagai pengurus atau anggota partai politik, serta bukan tim pemenangan pasangan calon kepala daerah. Persyaratan secara lengkap dapat dilihat melalui papan pengumuman atau melalui media sosial dan website KPU Kota Denpasar. Setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama mendaftar sebagai calon anggota Badan Ad hoc yang menyelenggarakan Pilkada sepanjang memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *