DPR RI Berencana Undang KPU Pasca-Rekapitulasi Suara, Ada Apa?

Nasional, Politik54 Views
banner 468x60

Jakarta (Baliwananews.com) – DPR RI berencana mengundang KPU dalam RDP setelah selesai rekapitulasi suara nasional. Rencana ini muncul setelah KPU meminta penundaan RDP yang seharusnya berlangsung pada Kamis, 14 Maret 2024. Komisi II DPR setuju menunda RDP hingga setelah 20 Maret 2024.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berencana untuk mengundang Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang akan dijadwalkan ulang setelah proses rekapitulasi suara tingkat nasional selesai. Rencana ini muncul setelah KPU meminta penundaan RDP yang seharusnya berlangsung pada Kamis, 14 Maret 2024, dikarenakan kesibukan mereka dalam rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus mengatakan bahwa KPU telah mengirimkan surat kepada Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Setjen DPR) dengan nomor surat 500/PR.05-SD/01/2024 perihal permohonan penjadwalan ulang pelaksanaan rapat kerja.

Komisi II DPR RI, yang membidangi masalah dalam negeri termasuk pemilu, telah menyetujui permintaan penundaan tersebut dan mengusulkan agar RDP diadakan setelah tanggal 20 Maret 2024. Hal ini diharapkan dapat memberikan waktu yang cukup bagi KPU untuk menyelesaikan tugas-tugas pentingnya dalam menjamin integritas proses pemilu.

“Jadi sekretariat (Komisi II) mengusulkan di atas tanggal 20 Maret, jadi setelah penghitungan secara nasional pilpres, pileg, dan DPD,” ujar Komisi II DPR Guspardi Gaus.

RDP yang akan datang ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi yang produktif antara DPR RI dan KPU, dimana kedua belah pihak dapat bertukar informasi dan pandangan mengenai pelaksanaan pemilu yang baru saja berlangsung. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *