Chip Neuralink Pertama di Dunia Berhasil Ditanam di Otak Manusia

banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – Neuralink milik Elon Musk telah berhasil melakukan penanaman chip di otak manusia untuk pertama kalinya di dunia. Sehari setelah dilakukan operasi, pasien telah pulih dengan baik. Namun, masih harus dilakukan pemantauan lebih lanjut perihal keamanan jangka panjang.

Elon Musk mengumumkan perusahaan neuroteknologi miliknya, Neuralink, telah berhasil melakukan penanaman chip di otak manusia untuk pertama kalinya pada Minggu (27/1) kemarin. Momen itu diumumkan melalui akun X (Twitter) miliknya, @/elonmusk. Ia juga mengumumkan bahwa sehari setelah dilakukan operasi, pasien yang mendapatkan implan tersebut telah pulih dengan baik.

Musk tidak memberikan rincian lain tentang prosedur atau perangkat yang ditanamkan, yang jelas, pasien merupakan penderita quadriplegia (kehilangan fungsi pada empat anggota badan) akibat cedera tulang belakang atau amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Hal ini sesuai dengan Neuralink yang menargetkan pengguna awal adalah mereka yang kehilangan fungsi dari anggota tubuhnya atau mengalami kelumpuhan.

Pada tahun lalu, Lembaga Pangan dan Obat-Obatan AS (FDA) telah memberi lampu hijau bagi Neuralink untuk melakukan uji coba implan chip ke otak manusia. Meski sekarang operasi penanaman chip itu diklaim lancar, masih harus dilakukan pemantauan lebih lanjut soal keamanan jangka panjangnya bagi manusia.

Sebenarnya, apa fungsi Neuralink?
Tujuan dari penanaman chip di otak manusia tersebut adalah untuk memungkinkan manusia mengontrol ponsel atau keyboard komputer hanya dengan menggunakan pikiran mereka. Funfact: proyek ini diberi nama ‘Telepathy’ (jadi seolah-olah ajaib bisa telepati, keren!).

Di sisi lain, China tenyata juga berambisi mengembangkan produk komputer otak di masa mendatang. Teknologi yang dirancang China adalah brain-computer interface (BCI) alias implan chip ke otak, seperti milik Neuralink, dengan fokus pengembangan ke sektor kesehatan, otomotif, dan virtual reality (VR). China berharap bisa menjadi pemimpin global untuk teknologi tersebut pada 2027 mendatang. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *