Bantuan Pangan Diperpanjang: 10 Kg Beras Per Bulan hingga Juni 2024

Nasional, Politik46 Views
banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – Pemerintah memastikan kelanjutan program Bantuan Pangan hingga Juni 2024 untuk 22 juta penerima. Menteri Airlangga Hartarto menegaskan bahwa setiap bulan, penerima akan menerima 10 kg beras. Program ini merupakan respons terhadap kenaikan harga pangan dan perubahan cuaca.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan kelanjutan program Bantuan Pangan hingga Juni 2024 dalam upaya menjaga stabilitas dan menanggulangi dampak kenaikan harga pangan, terutama beras, pada masyarakat rentan. Dalam kunjungannya di Desa Batu Cermin, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Airlangga menyatakan bahwa sebanyak 22 juta Penerima Bantuan Pangan (PBP) akan menerima bantuan berupa 10 kg beras setiap bulan.

Program ini merupakan inisiatif pemerintah untuk menanggapi perubahan cuaca yang berdampak pada harga pangan. Menurut Airlangga, Presiden Joko Widodo memerintahkan perpanjangan program ini dalam sidang paripurna hingga Juni 2024. “Bapak dan Ibu akan terus menerima 10 kg beras setiap bulan hingga bulan Juni,” ujarnya.

Syarat penerima bantuan pangan, termasuk beras 10 kg, mencakup menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku, terkategori sebagai masyarakat miskin, bukan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, atau Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan terdaftar dalam DTKS Kemensos.

Airlangga juga menekankan bahwa pemerintah terus berupaya menjaga cadangan beras, dengan alokasi khusus di Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 42.808 PBP pada tahun 2024. Selain bantuan pangan, program bantuan langsung tunai (BLT) El Nino juga akan dilanjutkan hingga pertengahan 2024, dengan aturan teknis yang sedang disiapkan. Ini sebagai langkah konkret pemerintah dalam mendukung masyarakat terdampak perubahan cuaca. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *