AWK Sikapi Persoalan TOEIC di PNB Dengan Elegan

Pendidikan86 Views
banner 468x60

Jimbaran (baliwananews.com) – Senator DPD R Provinsi Bali, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna (AWK) memberikan apresiasi terhadap upaya Politeknik Negeri Bali (PNB) memberikan klarifikasi terhadap permasalahan postingan yang sempat mampir di beranda akun Instagram @aryawedakarna terkait keluhan dari seorang mahasiswa yang seolah-olah menyatakan keberatannya terhadap besaran biaya pendaftaran TOEIC® (Test of English as International Communication).

“Kami memahami aspirasi mahasiswa yang menginformasikannya meskipun akhirnya tersampaikan secara rinci dan detail rangkaian proses pendaftaran test TOEIC tersebut serta bagaimana upaya PNB yang telah berusaha meminta keringanan biayanya kepada pihak International Test Center (ITC) sebagai penyelenggara TOEIC,” ujar AWK, di Kampus PNB Jimbaran Bali, Selasa (27/6/2023).

Senator Arya Wedakarna akhirnya juga memahami permasalahan sebenarnya setelah mendengar langsung penjelasan dari Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE, M.eCom. dan Ketua Unit Penunjang Akademik Bahasa yang juga penanggung jawab kegiatan TOEIC di PNB, I Nyoman Rajin Aryana, S.Pd, M.Hum. seraya memberikan masukan berupa saran atau perbaikan dengan opsi membuka durasi waktu masa pendaftaran ataupun memberikan alternatif kesempatan pada test TOEIC selanjutnya.

Senator DPD Bidang Hukum DPD RI tersebut berkunjung dan bersilaturahmi ke Kampus PNB selain terkait dengan aspirasi mahasiswa sekaligus melakukan fungsi Parlemen sesuai UU yakni pengawasan UU Pendidikan Tinggi dan UU APBN. Hasil kunjungan akan disampaikan secara terbuka kepada publik dan Kemendikbud Ristek RI.

Dengan adanya silaturahmi tersebut pihaknya ingin mengetahui secara terperinci (Tabayyun) mengenai penatalaksanaan uji kompetensi bahasa inggris (TOEIC). PNB menjadi satu-satunya institusi pendidikan yang memiliki laboratorium bahasa terbaik serta menjadi satu-satunya test center TOEIC di Bali sebagai salah satu prasyarat bekerja diluar negeri. Pihaknya mendukung penguatan tata laksana uji kompetensi Bahasa Inggris bertandar internasional di PNB.

Direktur PNB, I Nyoman Abdi menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi terhadap perhatian Senator AWK kepada PNB dengan elegan dan mengayomi.

“Kami juga akan memperhatikan saran beliau untuk memperbaiki sistem agar menjadi lebih baik, namun sejatinya, dalam upaya untuk meningkatkan daya saing mahasiswa PNB di dunia kerja yang semakin kompetitif, dan meningkatkan pencapaian indikator Renstra Politeknik Negeri Bali tahun 2020-2024 serta untuk menunjang persyaratan beasiswa untuk melanjutkan studi di luar negeri, maka diperlukan sebuah uji kompetensi Bahasa Inggris bertandar internasional,” pungkas AWK. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *