Apple vs Samsung: Apple Fokus pada Isu Privasi

Gaya Hidup33 Views
banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – iPhone menyebut bahwa mereka tidak akan memindai dan menyimpan dan menjual data privat pengguna mereka seperti beberapa perusahaan teknologi lainnya, yang diyakini adalah statement terhadap rivalnya Android.

Dalam pertandingan raksasa gadget iPhone dan Android, terutama Samsung, serangan terbaru dilancarkan oleh Apple untuk merebut pangsa pasar untuk diri mereka. Dalam pernyataan mereka, mereka mengatakan bahwa beberapa perusahaan melakukan pemindaian secara berkala kepada pemakai mereka, dan data ini dijual. Tapi Apple tidak.

Pernyataan ini dilancarkan di Australia, salah satu negara yang sedang mencanangkan sebuah proposal eSafety untuk memerangi terorisme/radikalisasi dan pelecehan seksual terhadap anak. Dalam proposal tersebut, beban monitoring akan dilimpahkan kepada perusahaan penyedia teknologi untuk mengawasi dan ‘menandai’ perilaku buruk pengguna mereka.

Statement Apple?
Nampaknya Apple kurang setuju dengan ide diatas. Dalam pernyataannya ke The Guardian, perwakilan Apple menyebut bahwa mengumpulkan informasi privat setiap orang tidak mungkin bisa dilakukan, dan pemindaian selektif terhadap konten tertentu sudah bisa mencakup sebagian besar data komunikasi dan penyimpanan.

Hal ini menjadi pembeda signifikan antara Apple dan Samsung. Apple akan melakukan private on-device processing, sementara Samsung menjalankan open cloud processing.

Apa bedanya?
Google memindai foto yang disimpan di cloud serta konten lainnya untuk CSAM dan materi lainnya. Itu juga menggunakan cloud untuk jenis klasifikasi data pengguna lainnya. Google/Android kelihatannya akan fokus ke pemberitahuan privasi dan panduan mengenai data apa yang digunakan dan disimpan secara online.

Apple tidak ingin melakukan ini. Pendekatannya adalah dengan menjalankan AI pada perangkatnya, di dalam gelembung enkripsi end-to-end jika hal tersebut berlaku, dan mencegah sisi perusahan memiliki akses apa pun ke konten yang disimpan di sisi cloud. AI ini akan dibentuk untuk menitikberatkan privasi dan keamanan.

Balasan Samsung?
Samsung juga mendorong produk Galaxy mereka secara gencar. Salah satu senjata utama mereka adalah aplikasi ‘Try Galaxy’, sebuah aplikasi yang bisa memberikan pengguna Apple secuil rasa menggunakan gawai Samsung.

Bagaimana pendapat kalian? Apakah kalian di tim Apple atau Samsung nih? (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *