Apakah AI Bisa Memperbarui Teknologi Kuno Perusahaan ?

banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – Generative AI bisa menjadi pembawa perubahan untuk memodernisasi penggunaan bahasa pemrograman yang lama seperti Cobol menuju bahasa yang lebih modern dan lazim dipakai.

Generative AI membawa perubahan penting dalam upaya pemodernan sistem teknologi informasi perusahaan. Perusahaan tua seperti ADP, yang telah berusia 75 tahun, mendapati tantangan besar dalam menjalankan sistem IT mereka yang masih menggunakan bahasa pemrograman Cobol, yang pertama kali dirancang pada tahun 1950-an.

Dengan pengembang yang fasih dalam Cobol semakin langka, ADP sedang mengeksplorasi penggunaan generative AI untuk “menerjemahkan” kode mainframe mereka dari Cobol ke Java. Langkah ini akan mengurangi ketergantungan pada spesialis Cobol yang semakin sulit ditemukan, karena generasi baru pengembang lebih memilih bahasa modern seperti Python.

Perusahaan teknologi seperti IBM dan Google juga berperan aktif dalam menyediakan solusi generative AI untuk membantu perusahaan mengatasi masalah teknologi lama mereka. IBM meluncurkan asisten pemrograman AI bernama watsonx, yang menggunakan generative AI untuk membantu pengembang dalam memigrasi kode dari Cobol ke Java atau melanjutkan penggunaan Cobol. Tujuan utamanya adalah memungkinkan perusahaan mengatasi risiko, keahlian yang semakin menipis, dan kesenjangan pengetahuan pada aplikasi lama dengan puluhan juta baris kode.

Walaupun adopsi generative AI memberikan efisiensi yang signifikan dalam pembaruan sistem dan meningkatkan produktivitas pengembang, ada risiko terkait seperti peningkatan hutang teknis. Para pemimpin teknologi, termasuk Fiona Tan, CTO Wayfair, menyadari pentingnya mengelola teknologi lama dan meminimalkan risiko yang mungkin muncul seiring dengan penggunaan teknologi baru ini. Terlepas dari risiko, generative AI menjadi elemen kunci dalam upaya perusahaan untuk memodernisasi dan meningkatkan daya saing mereka di era digital.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *