Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Ditengah Perlambatan Global

banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – BPS melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023 sebesar 5,05%, sedikit lebih rendah dari tahun sebelumnya. Faktor perlambatan ekonomi global dan fenomena El Nino memengaruhi sektor pertanian. Namun, sektor manufaktur, perdagangan, dan transportasi tetap berkontribusi. Produksi semen meningkat, mobilitas masyarakat, dan persiapan pemilu turut mendukung. Meskipun tantangan perdagangan global, kebijakan pemerintah dalam mengendalikan inflasi memberikan dukungan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2023 sebesar 5,05%, menurut laporan yang dirilis pada Senin (5/1). Meskipun lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai 5,31%, pertumbuhan ekonomi tersebut dianggap tetap solid mengingat kondisi perlambatan ekonomi global. Amalia A. Widyasanti, Plt. Kepala BPS, menyoroti sumbangan sektor manufaktur, perdagangan, dan transportasi terhadap ekonomi Indonesia. Ia menjelaskan bahwa perlambatan ekonomi sebagian besar disebabkan oleh faktor-faktor seperti perlambatan ekonomi global dan fenomena El Nino yang mempengaruhi sektor pertanian.

Disamping itu, aktivitas ekonomi dalam negeri turut didorong oleh peningkatan aktivitas produksi, yang tercermin dari data PMI-BI pada kuartal IV/2023 yang tetap di zona ekspansi dengan nilai 51,20%. Produksi semen juga mengalami peningkatan sebesar 13,84% secara tahunan. Mobilitas masyarakat dan persiapan pemilu pada kuartal tersebut juga menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, dengan peningkatan jumlah penumpang di seluruh moda transportasi dan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Meskipun demikian, kondisi global yang kurang menguntungkan, termasuk kontraksi dalam perdagangan global dan penurunan harga komoditas unggulan Indonesia seperti CPO dan batu bara, menjadi tantangan tersendiri. Namun, respons kebijakan pemerintah dalam pengendalian inflasi dan persiapan yang baik untuk Pemilu 2024 turut memberikan dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi pada kuartal terakhir tahun lalu. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *