Pembangunan IKN Diberhentikan Sementara

Nasional, Politik25 Views
banner 468x60

Denpasar – baliwananews.com | Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan kesiapan infrastruktur IKN untuk Upacara HUT ke-79 RI, dengan target selesai pada Juli 2024. Pembangunan akan dihentikan sementara pada 10 Agustus untuk persiapan acara, dan Jokowi akan pindah jika fasilitas dasar siap.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, memastikan kesiapan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024. Upacara akan dilaksanakan di dua tempat, yakni IKN dan Jakarta. Di Jakarta, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka akan memimpin, sementara di IKN akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan presiden terpilih Prabowo Subianto. Kementerian PUPR bertugas menjamin kesiapan infrastruktur di IKN, dengan target penyelesaian pada Juli 2024.

Pada 10 Agustus 2024, pembangunan IKN akan dihentikan sementara untuk menyambut upacara. Ketua Satgas Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga menyatakan penghentian ini bertujuan untuk persiapan acara, meski pekerjaan minor tetap berlangsung. Para pekerja proyek akan tetap berada di IKN dan mengikuti aktivitas lain seperti pelatihan dan olahraga.

Infrastruktur dasar seperti Kantor Presiden, Istana Presiden, dan hunian ASN dipastikan selesai, termasuk infrastruktur air minum yang siap masuk ke IKN pada 15 Juli. Namun, Jokowi menegaskan akan pindah ke IKN hanya jika fasilitas dasar seperti listrik dan air bersih sudah siap, dan keputusan pemindahan Ibu Kota mungkin baru diterbitkan setelah pelantikan Prabowo pada Oktober 2024. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *