Menko Polhukam Mahfud MD Terpincut Jadi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo

Nasional, Politik124 Views
banner 468x60

Bali (Baliwananews.com) – Setelah penantian publik sejak lama dan akhirnya terjawab sudah teka-teki siapa yang akan mendampingi Capres Ganjar Pranowo sebagai Cawapres. Akhirnya Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (PDIP) mengumumkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Pengumuman nama Mahfud MD disampaikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD,” kata Megawati di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Sehari sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto hanya memberi kisi-kisi bahwa sosok cawapres Ganjar memiliki inisial M.

Menurut Hasto, Megawati telah mencermati sosok cawapres Ganjar ini sejak lama. Dia menyebut pemilihan Mahfud sebagai cawapres merupakan hasil perenungan mendalam dan sesuai dengan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

Mahfud saat ini menjabat sebagai Menko Polhukam di Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Adapun Ganjar kini didukung oleh koalisi PDIP, Hanura, PPP dan Perindo.

Masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 dibuka KPU pada 19-25 Oktober 2023. Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen administratif pada 19-28 Oktober 2023.

Setelah itu, penetapan dan pengumuman pasangan calon peserta pemilu presiden dan wakil presiden akan dilakukan pada 13 November 2023. Sementara penetapan nomor urut pasangan calon digelar pada 14 November 2023. (red)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *