May Day 2024: 200.000 Buruh Siap Demo

Nasional, Politik12 Views
banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – Besok adalah perayaan Hari Buruh, baik Nasional maupun Internasional. Ini diperingati setiap tanggal 01 Mei. Hari ini, rencananya sekitar 200.000 orang akan mengikuti demonstrasi di beberapa daerah industri di Indonesia dalam rangka memperingati Hari Buruh dan menyampaikan beberapa aspirasi terkait para buruh.

Hari Buruh diperingati pada tanggal 01 Mei setiap tahunnya. Dalam rangka memperingati hal ini, sekitar 200.000 orang akan mengikuti May Day di seluruh Indonesia. Berdasarkan keterangan dari Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengatakan bahwa 50.000 orang akan melakukan demonstrasi di Jakarta. Rute perjalanan yang akan ditempuh dalam demonstrasi massa besok khusus Jakarta adalah arak-arakan dari Patung Kuda Arjuna Wijaya pukul 09.00 WIB, menuju Bundaran HI pada pukul 12.30 WIB, dan berakhir dengan kembali ke Patung Kuda. Dari sini, massa bergerak ke Stadion Madya Senayan. Berkaitan dengan hal ini, Polda Metro Jaya telah mempersiapkan total 3.454 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres jajaran, Kodam Jaya dan Pemprov DKI untuk membantu mengamankan jalannya demonstrasi.

Tuntutan yang akan diajukan pada Hari Buruh tahun ini adalah pencabutan Omnibus Law atau UU Cipta Kerja dan juga ‘Hostum’ (Hapus Outsourcing Tolak Upah Murah). Alasan diangkatnya kedua topik ini adalah adanya Omnibus Law menurut Said Iqbal, adalah kehadiran Omnibus Law merubah kebijakan upah menjadi upah murah dan adanya outsourcing menjadikan banyak perusahaan melakukan PHK pada para karyawannya.

Hari Buruh sendiri memiliki asal-usul yang dimulai sejak akhir abad-19 dengan alasan menuntut waktu kerja yang lebih singkat, gaji yang lebih baik, dan kondisi saat bekerja yang lebih aman. Di Indonesia, ini diawali dengan adanya pemberontakan yang besar di Jambi tahun 1916 pada para penjajah kolonial. Hal ini berlanjut dengan dilakukannya rapat besar pada 01 Mei 1948 oleh sekitar 300.000 gabungan pekerja (petani, buruh, dan para warga lainnya) dengan tujuan memperbaiki kehidupan para buruh agar lebih layak dan menyampaikan aspirasi dan masalah yang ada dalam bidang ketenagakerjaan. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *