Google Ungkap Alasan Beri Pixel 8 Update Software Hingga 7 Tahun

Gaya Hidup35 Views
banner 468x60

Denpasar (baliwananews.com) – Setelah memulai trend update software terpanjang pada sejarah smartphone Android, yakni 7 tahun. Google baru-baru ini mengungkapkan alasannya mengapa memulai hal tersebut pada smartphone seri Pixel 8 terbaru.

Google dengan seri Pixel 8 membuat janji yang berani yakni menjadi ponsel pertama yang menerima pembaruan perangkat lunak selama tujuh tahun. Ini berarti update keamanan yang lebih lama, fitur-fitur baru, dan ponsel cerdas yang terasa lebih segar di masa depan. Namun bagaimana cara kerjanya? Dalam podcast baru-baru ini, Wakil Presiden Divisi Devices & Software Services Google menjelaskan komitmen inovatif ini.

Seang Chau, Wakil Presiden Divisi Devices & Software Services Google, menekankan pentingnya kolaborasi besar yang diperlukan untuk upaya ini. Mitra seperti pemasok chip, tim Android, dan bahkan operator harus mendapat informasi sejak awal untuk pengujian yang konsisten dan pembaruan yang lancar. Dimulainya penggunaan chip Tensor yang merupakan buatan Google sendiri semakin menyederhanakan banyak hal, karena lebih mudahnya pembaruan dioptimalkan terutama untuk satu perangkat keras tersebut.

Selain itu, peralihan ke program beta sepanjang tahun dan Rilis Platform Kuartalan (QPR) juga memainkan peran besar. Google kini mendapat masukan yang lebih luas mengenai pembaruan Android sebelum diluncurkan ke masyarakat luas. Artinya, mereka dapat memindahkan fitur-fitur yang tadinya disediakan untuk rilis utama Android ke pembaruan yang lebih kecil dan lebih sering.

Google tidak hanya mengambil angka begitu saja. Google dengan cermat menganalisis berapa lama orang menggunakan ponsel Pixel mereka, termasuk pasar sekunder dan produk bekas. Mereka menemukan aktivitas yang solid di perangkat lama hingga jangka waktu tujuh tahun, sehingga hal ini merupakan janji untuk menjaga Pixel Anda tetap aman dan relevan selama berada di tangan pengguna.

Namun, setelah tahun-tahun awal, tidak semua fitur akan diluncurkan untuk perangkat lama. Sebaliknya Google akan fokus pada penambahan berbasis perangkat lunak yang tidak terlalu membebani perangkat keras. Pixel lama akan tetap mendapatkan manfaat dari fitur yang awalnya diluncurkan pada model baru jika memungkinkan.

Keputusan untuk menghadirkan Gemini Nano (model bahasa AI) ke Pixel 8 adalah contoh sempurna. Keterbatasan RAM menjadi perhatian utama karena sifat model yang intensif memori. Google mengevaluasi dampaknya dengan cermat untuk menghindari masalah kinerja pada Pixel 8 dan 8 Pro. Janji pembaruan 7 tahun Google merupakan kemenangan besar bagi pengguna. Artinya ponsel Pixel Anda akan tetap aman dan relevan selama bertahun-tahun mendatang. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *