Google Rilis Domain .meme untuk Konten Meme dan Hiburan

Gaya Hidup55 Views
banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – Google Registry, unit bisnis Google yang fokus pada layanan penyedia domain, meluncurkan Top Level Domain (TLD) baru yaitu .meme, yang berfokus pada konten meme dan hiburan. Pendaftaran dibuka pada 5 Desember 2023, dengan biaya tahunan Rp315.000. Pembelian lebih awal berkisar antara 2 hingga 58 juta per tahun, dengan penurunan harga menjelang perilisan publik.

Meme telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia internet, membentuk realitas dimana humor digital dan ekspresi kreatif mendominasi. Sejalan dengan perkembangan ini, melalui blog resmi Google, Google Registry, unit bisnis Google yang fokus pada layanan penyedia domain, meluncurkan Top Level Domain (TLD) baru yaitu .meme (dot.meme), yang berfokus pada konten meme dan hiburan.

Pendaftaran untuk pembelian domain akan dibuka pada 5 Desember 2023 mendatang pukul 16.00 waktu UTC atau 23.00 WIB, dengan biaya tahunan Rp315.000. Meskipun demikian, Google telah mengumumkan pembukaan akses awal atau pendaftaran prioritas untuk domain .meme yang dimulai hari Rabu kemarin (29/11). Dengan langkah ini, pengguna yang tertarik, memiliki kesempatan untuk mendaftarkan domain .meme melalui berbagai penyedia registrar domain seperti Go Daddy, MrDomain, 101domain, dan penyedia layanan sejenisnya.

Untuk mengecek ketersediaan Top Level Domain (TLD) .meme yang diinginkan, pelanggan dapat mengunjungi situs resmi https://get.meme/ sebelum melakukan pembelian melalui registrar domain yang dipilih.

Bagi pengguna yang ingin mendapatkan prioritas akses sebelum rilis publik, perlu diingat bahwa akan dikenakan biaya tambahan diatas biaya berlangganan domain .meme, dan biaya ini hanya dibayarkan satu kali.

Untuk memberikan gambaran lebih jelas tentang biaya pendaftaran awal, sebagai contoh, di GoDaddy, pembelian domain “baliwananews.meme” dapat dilakukan dengan harga Rp315.000 per tahun. Namun, bagi pengguna yang ingin mengamankan nama domain lebih awal, sebelum tanggal 5 Desember, calon pemilik domain dapat memilih akses prioritas dengan rincian biaya tambahan sebagai berikut:
Tanggal 29 November: Rp58.906.094
Tanggal 30 November: Rp19.843.584
Tanggal 1 Desember: Rp6.171.719
Tanggal 3 Desember: Rp2.265.469

Google juga mencatat platform-platform yang telah menggunakan domain .meme, diantaranya situs database meme Know Your Meme (knowyour.meme), situs web meme kucing cemberut alias Grumpy Cat (grumpycat.meme), dan masih banyak lagi. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *