Debat Cawapres Siap Digelar dengan Tema Ekonomi

secara live pada 22 Desember, pukul 19.00 WIB

Nasional, Politik92 Views
banner 468x60

Denpasar (Baliwananews.com) – Debat cawapres akan dilasanakan di Jakarta Convention Center (JCC), secara live pada 22 Desember, pukul 19.00 WIB, dengan tema ekonomi, dan kemungkinan ada perubahan format debat dengan podium.

Debat pertama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah usai digelar pada Selasa (12/12) malam. Debat ini diikuti oleh tiga pasangan capres-cawapres, yaitu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (nomor urut 1), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka (nomor urut 2) dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD (nomor urut 3).

Debat ini mengusung tema hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. Debat ini berlangsung sengit dan menarik, dengan berbagai pertanyaan, tanggapan, dan sanggahan yang dilontarkan oleh para capres.

Beberapa isu penting yang menjadi sorotan dalam debat ini antara lain adalah kasus pelanggaran HAM berat, penegakan hukum, pemberantasan korupsi, polusi udara, dan kerjasama internasional. Setiap capres memiliki gaya dan strategi yang berbeda dalam menyampaikan gagasan dan menanggapi pertanyaan.

Anies Baswedan cenderung mengkritik pemerintahan saat ini dan menawarkan solusi yang berbasis masyarakat. Prabowo Subianto lebih banyak menekankan pada aspek kebangsaan dan kedaulatan. Ganjar Pranowo lebih fokus pada data dan fakta serta menunjukkan prestasinya sebagai gubernur.

Debat ini merupakan debat pertama dari lima debat yang akan digelar oleh KPU hingga Februari 2024. Kemudian, debat selanjutnya akan digelar pada Jumat (22/12) dengan menghadirkan ketiga calon wakil presiden (cawapres), yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. Yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada pukul 19.00 WIB.

Debat kedua ini akan mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Debat ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi para cawapres untuk menunjukkan kompetensi dan kapabilitasnya dalam mengelola isu-isu ekonomi yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

KPU juga membuka kemungkinan untuk mengubah format debat capres-cawapres dengan menggunakan podium. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi para capres-cawapres untuk lebih leluasa dalam berbicara dan berinteraksi dengan moderator, panelis, dan lawan debat.

KPU mengatakan bahwa format debat dengan podium akan lebih menarik dan dinamis, serta dapat menghindari kesan monoton dan kaku. Namun, KPU juga mengatakan bahwa format debat dengan podium masih dalam tahap pembahasan dan belum diputuskan secara final.

Publik dapat menyaksikan debat kedua ini melalui sejumlah stasiun televisi dan media online yang akan menyiarkan langsung acara ini. Debat ini juga menjadi kesempatan bagi publik untuk menilai kualitas dan kapabilitas para cawapres dalam menjawab isu-isu strategis yang berkaitan dengan tema debat. (hd)

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *